Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 27 Maret 2011

MEMAHAMI LINGKUNGAN BISNIS

Menurut Adhitya Rechandy Christian Santoso :
Di dalam ilmu bisnis, kita harus memahami bagaimana keadaan lingkungan bisnis yang kita lakukan, karena itu berguna untuk mengetahui pola konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka sehingga kita bisa mencari celah atau trobosan yang tepat untuk membuat suatu bisnis.
Menjelaskan konsep tentang batas organisasi dan lingkungan multi-organisasi

Semua bisnis beroperasi dalam satu lingkungan eksternal yang terdiri dari segala sesuatu di luar batas-batas organisasi yang mempengaruhinya
Batas Organisasi
adalah batas yang memisahkan organisasi dari lingkungannya.

Unsur yang tercakup dalam lingkungan organisasi perusahaan:
kondisi ekonomi, teknologi, pertimbangan politik-hukum, isu sosial, lingkungan global, isu tanggung jawab etis dan sosial, lingkungan bisnis itu sendiri, dan juga tantangan dan peluang yang muncul
Menjelaskan pentingnya lingkungan perekonomian bagi bisnis dan mengidentifikasikan faktor-faktor yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari sistem ekonomi.
Tujuan utama sistem Amerika Serikat adalah pertumbuhan ekonomi dan stabilitas ekonomi

Hal yang terjadi saat pertumbuhan ekonomi:
Output per kapita: jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh sistem per orang
naik.

Orang mendapatkan manfaat dari standar hidup yang lebih tinggi  mereka dapat membeli banyak barang dan jasa dengan mata uang mereka.
Produk domestik bruto GDP: nilai total barang dan jasa yang diproduksi dalam periode tertentu oleh ekonomi nasional dengan seluruh faktor produk dalam negeri.
Jika GDP naik, jumlah ouput juga naik; jika jumlah output naik, maka ada pertumbuhan ekonomi

Produktivitasmembandingkan berapa banyak yang diproduksioleh sistem dengan berapa banyak sumber daya yang dibutuhkanuntuk memproduksinya.
Standar hidup meningkat hanya melalui kenaikan dalam produktivitas, dan pertumbuhan riil dalam GDP mencerminkan pertumbuhan dalam produktivitasHal yang dapat menghambat pertumbuhan yaitu: neraca perdagangandan hutang nasional.

Neraca perdagangan positifbila ekspor lebih besar daipada impordan negatifbila impor lebih besar daripada ekspor.

Neraca negatif merupakan defisit perdagangan
Stabilitas ekonomi
berarti bahwa jumlah uang yang tersedia dalam sistem ekonomi dan jumlah barang serta jasa yang diproduksi dalam sistem tersebut tumbuh kira-kira pada tingkat yang sama.

Ancaman utama pada stabilitas ekonomi yaitu inflasi dan pengangguran.

Inflasi
terjadi bila kenaikan harga di seluruh sistem ekonomi.Untuk mengukur inflasi, dapat berpaling melihat ke CPI/ Consumer Price Index: Ukuran harga produk-produk tertentu yang dibeli konsumen yang tinggal di daerah perkotaan

Pengangguran
adalah tidak adanya pekerjaan bagi mereka yang aktif mencari kerja.Pemerintah mengelola ekonomi melalui 2 perangkat kebijakan.

1.Pemerintah mengelola penagihan dan pengeluaran pendapatannya melalui kebijakan fiskal(seperti kenaikan pajak).
2.Kebijakan moneterberfokus pada pengendalian ukuran pasokan uang negara.

Kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang diterapkan secara bersama-sama membentuk kebijakan stabilisasi.

Kebijakan stabilisasiadalah kebijakan perekenonomian pemerintah yang tujuannya adalah memuluskan fluktuasi dalam output dan pengangguran serta menstabilkan harga



Menggambarkan lingkungan teknologi dan perannya dalam bisnis

Teknologi

merujuk pada semua cara yang digunakan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi konstituen mereka, termasuk pengetahuan manusia, metode kerja, peralatan fisik, elektronik dan telekomunikasi, serta berbagai sistem pengelolaan.

Kategori umum dari teknologi yang berhubungan dengan bisnis: teknologi produk dan jasa serta teknologi pengelolaan bisnis.

Teknologi proses bisnis digunakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan pada operasi internal (seperti akuntansi) dan membantu menciptakan hubungan yang lebih baik dengan konstituen eksternal, seperti pemasok dan pelanggan

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP)
adalah sistem informasi skala besar untuk mengorganisasi dan mengelola proses perusahaan sepanjang lini produk, departemen, dan lokasi geografis.

ERP  menyimpan informasi tentang kegiatan, mengoordinasi operasi internal dengan aktivitas-aktivitas oleh pemasok luar dan pelanggan, dan menghasilkan laporan keuangan dari menit ke menit.

Menggambarkan lingkugan hukum-politis dan perannya dalam bisnis

Lingkungan politik-hukum
mencerminkan hubungan antara bisnis dan pemerintah, biasanya dalam bentuk regulasi pemerintah.

Berbagai perwakilan pemerintah mengatur bidang-bidang penting seperti praktek periklanan, pertimbangan keamanan dan kesehatan, serta standar perilaku bisnis yang dapat diterima

Sentimen pro atau antibisnis dalam pemerintah dapat mempengaruhi lebih lanjut kegiatan bisnis. Selama periode sentimen probisnis, perusahaan merasa lebih mudah bersaing dan tidak terlalu memperhatikan isu antitrust.

Selama periode sentimen antibisnis, perusahaan bisa mengalami bahwa kegiatan persaingan mereka lebih dibatasi

Stabilitas politik

adalah satu pertimbangan penting untuk perusahaan internasional. Tidak ada bisnis yang ingin membuka perusahaan di negara lain kalau hubungan dagang negara itu tidak stabil


Menggambarkan lingkungan sosial-budaya dan perannya dalam bisnis

Lingkungan sosial
mencakup kebiasaan, adat istiadat, nilai dan karakteristik demografis dari masyarakat di mana sebuah organisasi beroperasi.

Proses sosial-budaya menentukan barang dan jasa serta juga standar perilaku bisnis yang dihargai dan diterima masyarakat.

Pilihan dan selera pelanggan bervariasi, baik di luar dan dalam batas negara. Dalam beberapa budaya, pekerjaan membawa makna sosial yang penting; di tempat lain, pekerjaan hanyalah satu sarana untuk satu tujuan dan orang hanya memperhatikan soal upah dan keamanan kerja


Faktor sosial-budaya juga berpengaruh perasaan pekerja tentang pekerjaan dan organisasi mereka.

Suatu unsur yang paling penting dalam lingkungan sosial budaya adalah praktek pelaksanaan etika dan tanggung jawab social

Mengidentifikasikan tantangan dan peluang yang timbul dalam lingkungan bisnis

Bisnis dewasa ini lebih rumit dan menuntut dibandingkan sebelumnya. Perusahaan yang lebih berhasil telah menggunakan cara-cara baru dalam menanggapi tantangan-tantangan ini.
Mereka mendefinisi ulang batasan-batasan tradisional, menggabungkan semuanya untuk mengembangkan barang dan jasa

Perusahaan-perusahaan yang lebih berhasil tersebut berfokus pada kompetisi inti mereka keterampilan dan sumber daya yang mereka gunakan untuk dapat bersaing dan menciptakan nilai bagi pemiliknya.
Cara-cara inovatif yang dipakai perusahaan dalam menanggapi tantangan dan peluang yang bermunculan mencakup outsourcing, viral marketing dan manajemen proses bisnis

Outsourcing:
Strategi membayar pemasok dan ditributor untuk melaksanakan proses bisnis tertentu atau menyediakan barang atau sumber daya yang dibutuhkan.
Kelemahannya:
Hilangnya kontrol perusahaan atas operasi dan informasi

Pemasaran gaya virus (viral marketing):
strategi penggunaan pemasaran internet dan omongan dari mulut ke mulut untuk menyebarkan informasi produk.Kelebihannya:

1.Orang mengandalkan internet untuk informasi yang seharusnya didapat dari surat kabar, majalah dan televisi.
2.Unsur interaktif: pelanggan menjadi peserta dalam proses penyebaran omongan dengan melanjutkan informasi ke pengguna internet lainnya

Manajemen proses bisnis:
pendekatan yang ditempuh perusahaan untuk beralih dari organisasi berorientasi-departemen ke struktur tim berorientasi proses yang melintasi batas-batas departemen

Kelebihannya:
Pengambilan keputusan yang jauh lebih cepat dan lebih berorientasi pada pelanggan, bahan baku, dan kegiatan operasional lebih terkoordinasi, dan produk lebih cepat menjangkau pelanggan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar